cool hit counter

PCIM Malaysia - Persyarikatan Muhammadiyah

PCIM Malaysia
.: Home > Wisata di Malaysia

Homepage

Wisata di Malaysia

 

Secara geografis, Malaysia sangat dekat dengan Indonesia, sehingga secara budayapun banyak yang serupa dengan Indonesia. Komposisi penduduk Malaysia adalah sekitar 60% Melayu, sisanya adalah China, India dan suku-suku lainnya, sehingga budaya, bahasa, dan agama di Malaysia banyak dipengaruhi oleh suku-suku ras tersebut.
 

Keragaman budaya tersebut dimanfaatkan oleh Kerajaan Malaysia untuk dijadikan daya tarik wisata sendiri, selain wisata keindahan alam tentunya yang tesebar di beberapa negeri seperti Kuala Lumpur, Putrajaya, Malaka, Johor, Terengganu, Pinang, dan sebagainya.
 

Transportasi Laut bisa digunakan dari Indonesia ke Malaysia antara lain adalah Batam - Johor dan Dumai - Malaka. Sedangkan angkutan darat Indonesia - Malaysia hanya bisa dilakukan di Sabah dan Serawak dengan propinsi-propinsi di Kalimantan. Kebanyakan transportasi dari Indonesia ke Malaysia dilakukan lewat udara melalui bandara KLIA (Kuala Lumpur International Airport), LCCT (Airasia), Subang (Firefly dari Sumatera), dan Kota Kinabalu (Sabah).
 

Transportasi dari KLIA ke Kuala Lumpur bisa menggunakan tren KLIA Express (RM35, 35 menit), Bus (RM10, 1 jam), Taxi (skitar RM100, 1 jam) ataupun travel (harga tergantung jenis kendaraan misalnya MPV Avanza RM120). Untuk angkutan dari LCCT ke KL hampir sama dengan dari KLIA tetapi tidak ada fasilitas tren KLIA Express. Sedangkan Transportasi lokal di Malaysia bisa menggunakan bus, tren (kereta api), taxi, ataupun travel. Penyewaan mobil sekitar RM120-150/ hari sedangkan travel untuk tujuan wisata sekitar KL (KLCC Twin tower, Bukit Bintang, Pasar Seni, Muzium, dsb) yaitu RM400 (mobil Avanza sudah termasuk supir, bensin, dan tol), sedangkan untuk transportasi keluar kota misalnya ke Singapura adalah sekitar RM850.
 

Makanan di Malaysia hampir sama dengan Indonesia.  Pastikan datang ke kedai makan/ restoran yang ada logo halal, atau minimal ada tanda bahwa kedai tersebut adalah milik Muslim, misalnya ada tulisan Allah/ Bismillah, ataupun pegawai yang memakai pakaian Islam untuk lebih meyakinkan kehalalannya.
 

Untuk info wisata di Malaysia lebih lanjut bisa layari web Tourims Malaysia ataupun kontak Pengurus PCIM Malaysia yang bersedia membantu.

 

 

 

 

Berita

Agenda

Pengumuman

Link Website