cool hit counter

PCIM Malaysia - Persyarikatan Muhammadiyah

PCIM Malaysia
.: Home > Buku PCIM 2012

Homepage

Buku PCIM 2012

UNDANGAN PENULISAN BUKU PCIM MALAYSIA 2012

PENDAHULUAN

Dalam rangka menyambut 5 tahun berdirinya Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Kuala Lumpur, Malaysia, kami mengundang seluruh keluarga besar, warga dan simpatisan Muhammadiyah di Malaysia untuk menyumbangkan tulisan yang akan diterbitkan dalam Buku PCIM Malaysia edisi kedua yang akan diterbitkan pada tahun 2012. Penerbitan buku ini bertujuan untuk mempresentasikan peran dan tantangan pergerakan Muhammadiyah di Malaysia dalam menjalankan amar ma’ruf nahi munkar dalam konteks meningkatkan hubungan bilateral dan regional antar ummat dan antar negara. Buku ini juga diharapakan dapat memformulasikan agenda ke depan bagi pergerakan Muhammadiyah di Malaysia. Buku seri kedua ini juga merupakan kesinambungan dari penerbitan pertama Buku PCIM Malaysia pada tahun 2010.

TUJUAN

Artikel dan tulisan diharapkan dapat menjadi kontribusi pemikiran, ide, rencana aksi ataupun formulasi agenda Muhammadiyah dalam memperkuat hubungan bilateral Indonesia-Malaysia dan hubungan regional Indonesia dengan negara lain, baik dalam konteks keilmuan, industri, pemikiran, hubungan sosial budaya, maupun hubungan dakwah keislaman. Pada akhirnya diharapkan Muhammadiyah dan khususnya PCIM Malaysia dapat memposisikan dirinya secara strategis dalam konteks pergerakan di masa depan.

TEMA PENULISAN

Artikel yang dipublikasikan harus dapat mencakup minimal salah satu dari tema berikut:

1.       Penerapan Tata Kelola yang Baik (Good Governance); Reformasi Administrasi; dan Jaminan Kualitas (Quality Assurance).

Termasuk didalamnya isu reformasi sistem pemerintahan; sistem pendidikan; sistem pembangunan sosial; sistem kenegaraan; sistem hukum; sistem birokrasi; pemberantasan korupsi; tatakelola keorganisasian; isu kepemimpinan; Media dan teknologi, dll.

 

2.       Peran Muhammadiyah dalam Peningkatan Hubungan Indonesia-Malaysia.

Termasuk didalamnya pencerahan dan peningkatan hubungan dakwah keagamaan, hubungan sosial-budaya; hubungan politik dan pemerintahan; hubungan industri dan Usaha Kecil & Menengah (UKM); regionalisme, dll.

 

3.       Apresiasi dan Studi terhadap Perkembangan Dakwah, Pemikiran & Pembangungan Kelembagaan Islam di Malaysia.

Termasuk didalamnya isu sistem otoritas keagamaan; kesejahteraan Imam dan Da’i; manajemen Masjid; perkembangan pemikiran Islam; tantangan liberalisme dan pluralisme keagamaan; kelembagaan Islam di Malaysia; Institusi keluarga; Institusi Zakat, Infak & Sodaqoh (ZIS); Institusi Peradilan Islam; Tradisi keberagamaan; Industri halal, dll.

 

4.       Pemberdayaan Ekonomi Umat

Peran dan tantangan MyLazismu; dunia kewirausahaan; peningkatan SDM; jaringan & diaspora Muhammadiyah internasional; Geliat Muhammadiyah Singapura; perang Muhammadiyah International di Malaysia; sumbangan devisa TKI Muhammadiyah ke desa-desa asal, dll.

 

5.       Isu, Permasalahan & Pemberdayaan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Malaysia

Kegiatan dakwah dan sosial keagamaan TKI/TKW di Malaysia; isu hukum & advokasi; fikih pekerja; pendidikan warga Indonesia di Malaysia; kerjasama strategis PCIM dan Kantor perwakilan RI; Multi-dimensi permasalahan TKI di Malaysia; Strategi ke depan kebijakan TKI di Luar Negeri, dll.

KETENTUAN PENULISAN

Artikel yang dikirimkan hendaklah memenuhi persyaratan penulisan sebagai berikut:

1.       Karya orisinal penulis yang sesuai dengan salah satu tema diatas (diperbolehkan lebih dari satu penulis);
2.       Belum pernah dipublikasikan (karya lama yang dimodifikasi diperbolehkan);
3.       Penulis adalah warga, simpatisan, pengurus atau mantan pengurus PCIM/PCIA Malaysia atau PRIM/PRIA di Malaysia, dan tidak tertutup bagi mereka yang telah berpindah domisili dari Malaysia ke negara/tempat lain;
4.       Artikel diketik dalam bentuk file .doc/.docx/.rtf; dengan ketentuan sbb:

a.        Berbahasa Indonesia yang baik dan benar;

b.       Panjang 2500-5000 kata (5-10 halaman);

c.        Spasi tunggal;

d.       Times New Roman & 12-size font;

e.        Tanpa catatan kaki/footnote (referensi dalam body text);

f.         Menggunakan system transliterasi Arab-Indonesia yg  standard

g.        Dilengkapi dengan Bibliografi dan Biodata penulis

5.       Pengiriman artikel dibuka mulai 1 Juni 2012 sampai 31 Agustus 2012. Artikel paling lambat dikirim pada tgl 31 Agustus 2012 dalam lampiran elektronik ke alamat e-mail berikut: BukuPCIM2012@gmail.com dengan Judul e-mail: ARTIKEL BUKU PCIM 2012
6.       Tim editor berhak melakukan revisi, reformatting, dan editing melalui proses konsultasi terhadap penulis.

Untuk pertanyaan lebih lanjut, silakan hubungi penitia penyusunan Buku 2 PCIM sbb:




Berita

Agenda

Pengumuman

Link Website