cool hit counter

PCIM Malaysia - Persyarikatan Muhammadiyah

PCIM Malaysia
.: Home > Berita > Seminar Kesehatan Antarbangsa bersama Akbid Aisyiyah Palembang dan Aisyiyah Malaysia

Homepage

Seminar Kesehatan Antarbangsa bersama Akbid Aisyiyah Palembang dan Aisyiyah Malaysia

Rabu, 28-04-2013
Dibaca: 784

Kuala Lumpur -- Pimpinan Cabang Istimewa Aisyiah (PCIA) Malaysia dan Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Malaysia bekerjasama dengan Akademi Kebidanan (Akbid) Aisyiyah Palembang dan juga Pimpinan Wilayah Aisyiyah (PWA) Sumatera Selatan (Sumsel) mengadakan sebuah seminar pendidikan kesehatan di Kuala Lumpur.

 

Seminar yg bertemakan "Midwifery Education and Professional Services in Negeri Serumpun" ini diadakan pada hari Ahad, 28 April 2013 di Ahmad Ibrahim Kuliyyah of Law (AIKOL), International Islamic University Malaysia (IIUM) Gombak Kuala Lumpur. Seminar ini menghadirkan tiga pembicara profesional kesehatan yaitu Dr Sandra Hakiem Afrizal dari PCIA Kuala Lumpur dan dua pembicara lain dari Kementerian Kesihatan Malaysia (KKM) yaitu Dr Faridah Hanum Harahap serta bidan Noraidawati Binti Deresid.

Seminar ini dihadiri oleh sekitar 160 orang yang terdiri dari masyarakat awam, anggota PCIA/PCIM, dan juga mahasiswa AKBID 'Aisyiyah Palembang beserta staf pengajar. Turut hadir beserta rombongan Ketua PWA Sumatera Selatan ibu Hj Zuama BA dan ketua Badan Pengurus Harian AKBID 'Aisyiyah Palembang ibu Dra. Hj. Darmi Hartati, MM.

 

Seminar ini dibuka dengan sambutan dari ketua PCIM bapak Ust. Arifin Ismail yang menyambut baik kehadiran rombongan AKBID 'Aisyiyah beserta PWA Sumatera Selatan. Ustadz Arifin berharap para peserta bisa mengambil berbagai informasi yang nantinya akan disampaikan oleh para pemateri. Selain itu, turut memberikan kata sambutan Hj Zuama BA serta Risa Devita MKes yang merupakan Direktur AKBID 'Aisyiyah Palembang.

 

Materi pembuka seminar ini diberikan oleh Dr Sandra Hakiem Afrizal yang membahas seputar peranan bidan dalam menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI). Sandra memaparkan bagaimana seorang tenaga terlatih seperti bidan bisa berperan secara langsung untuk menyelamatkan hidup seorang calon ibu dengan melakukan pemeriksaan yang rutin dan mengidentifikasi permasalahan di masa kandungan sedini mungkin.

 

Pembicara kedua yaitu Dr Faridah Hanum Harahap dalam kesempatan ini membahas penanganan Anemia semasa kehamilan. Dokter yang sehari-hari bekerja di Klinik Kesehatan milik Pemerintah tersebut memberikan berbagai informasi mengenai gejala-gejala kurang darah dan cara mengatasinya. Di akhir sesi seorang Bidan yang bekerja di sebuah Rumah Sakit di Malaysia juga berbagi informasi dan pengalamannya seputar tugas-tugas dasar seorang bidan di Malaysia.

 

Seminar yang di moderatori oleh ibu Qonita Basalamah ini berjalan sangat interaktif. Seluruh peserta terlihat antusias dan memberikan banyak pertanyaan seputar peran bidan dalam pelayanan kesehatan di Malaysia. Acara ini juga diramaikan dengan penampilan Mars Aisyiyah dari Pimpinan Ranting Istimewa 'Aisyiyah (PRIA) Kampung Baru-Kuala Lumpur, dan juga penampilan yang apik dari putri-putri 'Aisyiyah. Selain itu perusahaan kecantikan wanita yang ternama di Indonesia maupun Malaysia yaitu Mustika Ratu turut berpartisipasi dalam seminar ini dengan memberikan bingkisan untuk para pembicara dan seluruh peserta seminar. Mudah mudahan seminar ini dapat memberikan manfaat kepada banyak pihak mempererat silaturahmi sesama keluarga Muhammadiyah, Aisyiyah dan simpatisannya di Nusantara. (Amy, Nita, SHA)

Berita terkait:


Tags: PCIM, PCIA, PWA, Cabang, Istimewa, Wilayah, Aisyiyah, Kuala Lumpur, Malaysia, Sumatera Selatan, Akademi Kebidanan, Akbid, Pendidikan, kebidanan
facebook twitter delicious digg print pdf doc Kategori: Aisyiyah



Arsip Berita

Berita

Agenda

Pengumuman

Link Website